Kegembiraan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif RK 113/JS Bersama Mama-Mama Membuat Noken

Puncak Jaya – Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif RK 113/JS menumbuhkan pereknomian masyarakat dengan memperdayakan mama-mama dalam membuat Noken di Kampung Pagaleme Distrik Pagaleme Kabupaten Puncak Jaya, Minggu (12/3/2023).

Noken adalah suatu karya seni khas dari Papua yang terbuat dari benang wol dirajut mengunakan jarum oleh mama-mama yang memiliki kreativitas tinggi sehingga dapat menjadi tas samping dan saat ini sudah menjadi multi fungsi. Maka dari itu personel Pos mengundang mama- mama yang berada di kampung binaan Pos Satgas untuk sedikit berbagi ilmu mengajarkan personel Pos membuat Noken.

Dansatgas Pamtas RI- PNG Kewilayahan Yonif RK 113/JS Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.,Si., mengatakan bahwa kegiatan belajar membuat noken bersama mama-mama merupakan sarana mempererat rasa persaudaraan antara personel pos dengan warga binaan pos.

“Kami menyiapkan benang wol dengan beragam warna dan jarum untuk diberikan kepada mama-mama dan nantinya bila selesai dirajut menjadi tas samping atau tempat menyimpan Hand Phone kami yang membelinya,” ujar Dansatgas.

“Harapan kami dengan kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian warga, sehingga hubungan persaudaraan dan kekeluargaan antara personel pos dan warga binaan tetap terus terjalin dengan baik,” ungkapnya.

Mama Merlin (43) menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bapak Pos sudah memberikan benang dan jarum untuk dibuatkan tas noken.

“Kami sangat senang Bapak Pos mau belajar juga membuat Noken bersama kami. Wa..wa..wa..,” ungkap Mama Merlin.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Pangdam Beserta Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Gelar Halal Bihalal Bersama Prajurit dan PNS

Kegiatan saling maaf memaafkan atau yang biasa disebut Halal Bihalal setelah menunaikan ibadah Shalat Idul …