Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Pelatihan Dan Sertifikasi Alat Berat Untuk OAP Di Denzipur 10/KYD

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa diwakili oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., membuka pelatihan dan sertifikasi Alat Berat untuk masyarakat Orang Asli Papua (OAP), bertempat di Denziour 10/KYD Jl. Sentani, Padangbulan, Waena, Jayapura, Papua, Senin (20/2/2023).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya, Senin (20/2/2023).

Dalam acara tersebut turut hadir Pj Bupati Jayapura, Dandenzipur 10/KYD Mayor Czi Denny Yudhianto dan Kepala Balai Jasa Konstruksi wilayah Jayapura yang berkesempatan untuk membuka kegiatan pelatihan dan sertifikasi alat berat untuk OAP.

Dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., mengatakan kegiatan pelatihan alat berat bagi OAP bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan secara terpadu bagi tenaga kerja konstruksi, khususnya operator alat berat Orang Asli Papua dalam menangani dan mengoperasikan alat berat dengan baik dan benar, agar tercipta efektivitas, efisiensi, produktivitas dan keselamatan kerja lebih meningkat sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan di wilayah Papua.

“Melihat pentingnya kegiatan ini, Saya berharap kepada peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, fokus dan menanyakan secara detail apabila ada hal-hal yang belum dimengerti. sehingga tuntutan kemampuan keluaran pelatihan tercapai, yaitu memiliki kemampuan menjelaskan dan melaksanakan keselamatan kerja, mengoperasionalkan alat berat, memiliki kemampuan terpadu sebagai operator, dapat melaksanakan perawatan dan pemeriksaan serta mengaplikasikan alat berat,” jelas Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E.

Lebih lanjut Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan kepada para pelatih, agar memberikan materi dengan rinci dan jelas serta mudah dimengerti, karena kegiatan tersebut sangat penting untuk meningkatkan dan memenuhi kebutuhan tenaga terlatih jabatan kerja bidang operator alat berat.

“Tingkatkan semangat, disiplin, motivasi belajar dan berlatih yang maksimal untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang alat berat. Miliki dan kembangkan kemampuan keterampilan lapangan selama pelatihan, agar kelak menjadi operator yang memiliki kompetensi yang memadai dalam jabatan operator, sehingga mampu berkontribusi dalam pembangunan di wilayah Papua,” kata Kasdam XVII/Cenderawasih.

“Jaga kebersihan lingkungan, kesehatan pribadi dan utamakan faktor keamanan selama pelatihan sehingga dapat mengikuti kegiatan dengan baik tanpa hambatan apapun,” tutup Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Babinsa Tigi Laksanakan Pengamanan Dan Pemantauan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Deiyai ~ Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Serka Petrik Yarances bersama 5 orang rekan lainya dan Bhabinkamtibmas …