Kurangnya Tenaga Pendidik Di Pedalaman Papua, Satgas Yonif 405/SK Bantu Mengajar Anak-Anak Di Kampung Opitawak

Tembagapura – Mengajar membaca, menulis dan menghitung (3M) kepada anak-anak adalah kegiatan rutin yang terus dilakukan oleh anggota Pos Banti Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW yang bersinergi dengan Pemerintahan Distrik Tembagapura, Ibu-ibu Persatuan Wanita Tembagapura (PWT) serta Karyawan HS PT. Freeport Indonesia.

Menurut Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK Kapten Inf Darwis MT. Siburian, S.T. Han, kegiatan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa tersebut kali ini digelar di halaman Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kampung Opitawak, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Kamis (13/10/2022).

“Program memahami 3M digagas oleh Sekretaris Distrik (Sekdis) Tembagapura Ibu Nurfaidah, S.STP dan didukung oleh Instansi-instansi terkait yang berada di wilayah Tembagapura,” ungkap Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK Kapten Inf Darwis MT. Siburian, S.T. Han.

Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK menambahkan, tempat mengajar 3M bervariasi, mulai dari balai kampung, halaman Gereja maupun tempat-tempat anak-anak bermain atau berkumpul.

“Hal ini dilakukan agar anak-anak merasa nyaman dan tertanam dalam diri mereka bahwa belajar dapat dilakukan dimanapun mereka berada, terlebih kampung tersebut juga belum memiliki gedung sekolah formal,” imbuhnya.

Sementara itu, Ibu Maria salah satu orang tua di Kampung Opitawak mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Ia dan para orang tua berharap agar kegiatan mengajar terus dilakukan hingga di daerah tempat tinggalnya ada sekolah formal.

“Kami senang ada yang mengajari anak-anak kami membaca dan menulis, sehingga nanti anak-anak menjadi pintar dan bisa menjadi generasi penerus bangsa. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut”, tutup Ibu Maria.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Danrem 174/ATW Ikuti Vicon Peresmian Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman dan 20 Rumah Sakit TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., beserta Pj. Gubernur Papua Selatan Prof. Dr. …