Satgas Yonif 200/BN Hadiri Acara Bakar Batu Bersama Masyarakat Kampung Heme

Yahukimo ~ Satgas Yonif 200/BN melalui Pos Kurima menghadiri undangan acara bakar batu oleh masyarakat bertempat di Kampung Heme, Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Jumat (29/12/2023).

Disela kegiatan, Danpos Kurima Lettu Inf Sulistijo Muriyawan mengatakan bahwa kehadiran personel Pos Kurima di acara tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan jalinan komunikasi antara personel Satgas dengan masyarakat Distrik Kurima.

“Bagi kami acara ini sebagai salah satu bentuk kedekatan TNI dengan masyarakat dalam rangka menciptakan kebersamaan dan juga mempererat persaudaraan antara personel Pos Kurima dan masyarakat Distrik Kurima,” kata Danpos.

Lanjutnya, acara bakar batu ini merupakan salah satu bagian dari proses adat masyarakat setempat untuk menunjukkan luapan rasa syukur dengan bersama-sama menikmati hewan yang sudah dibakar dengan menggunakan panasnya batu yang sudah dibakar.

“Rangkaian acara dimulai dengan bakar batu, tarian adat selanjutnya pembagian konsumsi dari hasil bumi dan bakar batu serta makan bersama-sama,” imbuhnya.

Sementara itu, Bapak Jois Heselo selaku Kepala Kampung Heme yang mengikuti kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Kurima Satgas Yonif 200/BN yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara adat bersama.

“Terima kasih Bapak TNI semua. Dengan adanya Bapak TNI acara semakin meriah dan semoga kebersamaan dan keakraban ini selalu terjaga. Tuhan memberkati,” ucapnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Sambut HUT Ke-61, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Karya Bakti Bersihkan Sampah Pasar Youtefa

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XVII/Cenderawasih ke-61, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk …