Usai Resmikan Rumah Dinas Swadaya Di Makodim 1711/Boven Digoel, Pangdam XVII/Cenderawasih Kunjungi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 111/KB

Boven Digoel ~ Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han didampingi oleh Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan beserta rombongan tiba di Bandara Tanah Merah, Kampung Sokanggo Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel, Prov. Papua Selatan, dalam rangka kunjungan kerja (Kunker), Rabu (18/10/2023).

Dalam Kunker ini, diagendakan Pangdam XVII/Cenderawasih akan meresmikan Rumah Dinas Swadaya Kodim 1711/BVD, meninjau Satgas Pamtas Yonif 111/KB (18/10) dan menutup kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 Kodim 1711/BVD di Kampung Kanggewot Distrik Waropko Kab. Boven Digoel Prov. Papua Selatan (19/10).

Kedatangan Pangdam XVII/Cenderawasih beserta rombongan disambut Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., Kolonel Inf Allan Surya Lesmana, Sos (Kasiren Rem 174/ATW), Kolonel Inf Lambert Jeri Mailoa, S.E (Kasiter Rem 174/ATW), Letkol Inf Bayu Kriswanto, S, Hub., Int., M.H.I (Dandim 1707/MRK), Dandim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P., Bpk. Hengky Yaluwo, S. Sos (Bupati Boven Digoel), Bpk. Drs. Romanus Mbaraka. MT (Bupati Merauke), Kapolres Boven Digoel, Bpk. Basri Muhammadia (Wakil Ketua I DPRD Boven Digoel), Ibu dr. Melly Tressia Manopo, Sp.OG (Kepala Dinas Kesehatan Boven Digoel), Ketua LMA, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat.

Setibanya di Makodim 1711/BVD disambut dengan tarian adat. Kemudian meresmikan Rumah Dinas tipe 54/3 KK Swadaya satuan Kodim 1711/BVD dan penanaman pohon oleh Pangdam dan Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan.

Saat peresmian rumah Swadaya tersebut, Dandim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P menyampaikan bahwa pembangunan rumah melalui perjuangan dan kerja keras.

“Rumah yang dibangun adalah type 54 tipe 3 KK ini kalau di tender dengan anggaran di dinas PU bisa mencapai 1,2 Miliar. Puji dan syukur semuanya bisa dilaksanakan kurang lebih waktu pelaksanaannya sekitar 1 tahun, mulai dari bulan Oktober tahun lalu dan selesai di bulan Oktober tahun ini baru bisa sekarang akan diresmikan,” pungkas Dandim 1711/BVD.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han menyampaikan bahwa pembangunan rumah dinas Swadaya merupakan suatu karya Pengabdian, terlebih Kodim 1711/BVD hanya punya rumah 33 unit dan yang ngontrak lebih banyak yaitu 39 orang, sehingga lebih banyak yang ngontrak daripada yang kebagian rumah. Untuk itu diharapkan bisa bekerjasama dengan Pemda Kab. Boven Digoel sehingga kesulitan dapat teratasi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu, karena apa yang diperbuat untuk kebahagiaan orang lain, baik doa-doa dan kebaikan-kebaikan akan mendapat balasan kebaikan juga. Oleh karena itu, marilah terus untuk berbuat baik agar ada kebaikan-kebaikan yang akan terus kita terima,” ungkap Pangdam.

“Terima kasih kepada anggota Kodim 1711/BVD yang sudah membuat karya ini, sehingga semakin hari prajurit semakin bisa memenuhi kebutuhannya khusus perumahan. Kita juga menyadari bahwa kemampuan negara untuk memenuhi ini masih sangat terbatas sehingga perlu ada niat dari Komandan satuan untuk membuat perumahan bagi prajurit, bekerjasama dengan semua komponen masyarakat.”

“Besok ada penutupan TMMD, jadi saya ucapkan terima kasih kepada para anggota yang sudah berbuat untuk masyarakat. Semoga karya-karya ini terus dilakukan dan kebersamaan antara TNI dengan rakyat semakin kuat untuk percepatan pembangunan. Hal ini karena daerah ini sudah tertinggal jauh dibandingkan daerah yang lain,” tambahnya.

“Mari bersama-sama membangun dan TNI siap membantu Pemda yang sedang melaksanakan percepatan pembangunan. Demikian pula kawan-kawan dari Kepolisian di bidang penegakan hukum, kami juga siap membantu, sinergitas ini harus kita saling jaga,” imbuh Pangdam.

Di tempat yang sama, Bpk. Drs. Romanus Mbaraka, MT (Bupati Merauke) dalam sambutannya mengapresiasi Dandim 1711/BVD yang telah membangun rumah swadaya dan menyampaikan akan membantu untuk mengisi perabotan rumah.

Peresmian rumah tersebut, ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Pangdam XVII/Cenderawasih didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Juliet Izak Pangemanan beserta Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si., dan forkopimda Kab. Boven Digoel dan Kab. Merauke.

Usai kegiatan tersebut, Pangdam bersama rombongan berkunjung ke Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 111/KB untuk melaksanakan peninjauan Pos dan menyapa Prajurit di Kout Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 111/KB, serta memberikan bingkisan tali asih kepada Prajurit dan masyarakat di sekitar Pos TNI.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …