Lestarikan Budaya Dan Adat Leluhur Papua, Satgas Yonif 122/TS Hadiri Pentas Tari Penyambutan

Keerom ~ Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS, melalui Pos Waris hadir dan amankan prosesi Suku Walsa dan Suku Fermanggem dalam rangka melestarikan adat dan budaya tanah Papua, tepatnya di Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (10/12/2023).

Disela kegiatan, Danpos menjelaskan bahwa acara tersebut di yakini oleh masyarakat Kampung Banda sebagai tari-tarian yang dapat memberikan penyembuhan dan dampak positif.

“Acara adat ini merupakan tradisi budaya yang perlu di lestarikan karena merupakan salah satu kearifan lokal bagi masyarakat Kampung Banda secara turun temurun dari leluhur,” jelas Danpos.

Lebih lanjutnya, Danpos mengatakan acara tradisi adat Kampung Banda ini diikuti oleh sekitar 500 orang yang tumpah ruah dan semangat dalam mengikuti prosesi adat tersebut.

“Kami dengan semangat tidak mengenal lelah membantu dan ikut hadir dalam menyukseskan acara. Kehadiran kami Satgas Yonif 122/ TS di tanah Papua ini untuk membawa kedamaian dan menjadi solusi di dalam kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bapak Jakobus may (52) selalu koordinator acara menyampaikan salam hormat dan banyak terima kasih kepada Satgas Yonif 122/TS atas kepedulian dan partisipasi dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Puji Tuhan, saya sangat terbantu dan senang sekali atas kepedulian Satgas Yonif 122/TS dalam membantu pelaksanaan acara adat Kampung Banda,” pungkasnya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih

Check Also

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Beri Makanan Tambahan Bergizi Di Kampung Muare

Timika ~ Tidak bisa dipungkiri bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi termasuk di wilayah …