Pangdam XVII/Cenderawasih Melantik 169 Siswa Secata Menjadi Prajurit TNI AD

Jayapura – Setelah menempuh pendidikan di Rindam XVII/Cenderawasih, 169 mantan Prajurit Siswa Sekolah Calon Tamtama (Secata) TNI-AD mengikuti pelantikan dan pengambilan Sumpah dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gelombang II TA 2022 (OV) TA 2023 dipimpin Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, bertempat di lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih, Jumat (14/4/2023).

 

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H dalam keterangannya.

Dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan selamat kepada para mantan prajurit siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik yang merupakan pendidikan pembentukan menjadi seorang prajurit TNI AD untuk memiliki sikap dan perilaku sebagai Prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan golongan Tamtama serta jasmani yang samapta.

“Apa yang kalian miliki tersebut agar dihayati dan diimplementasikan, sehingga melekat pada diri kalian jati diri prajurit TNI yang sejati, yaitu sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional,” jelas Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Akhir dari pendidikan ini, merupakan titik awal dalam memulai lembaran kehidupan baru untuk mendharmabaktikan diri sebagai seorang prajurit di TNI AD. Semoga perjalanan kehidupan kalian di lingkungan kemiliteran menjadi cemerlang dan sukses dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” imbuh Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

Selanjutnya Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan keberhasilan yang diraih tdak terlepas dari doa dan dukungan orang tua maupun keluarga.

“Saya berharap kepada para orang tua dan keluarga untuk selalu memberikan motivasi dan semangat agar menjadi prajurit yang berprestasi kebanggaan kita bersama,” ungkap Mayjen TNI Muh. Saleh Mustafa.

“Seiring dengan apa yang akan kalian hadapi dan lakukan ke depan, Saya perlu sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu Pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tingkatkan semangat, motivasi, disiplin, jiwa korsa dan tekad yang bulat untuk menjadi prajurit yang profesional.”

“Jadilah prajurit yang selalu mencintai dan dicintai rakyat, hindari sikap dan perilaku yang dapat merugikan dan menyakiti hati rakyat serta merusak citra TNI AD,” tegas Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih berharap Para Prajurit tersebut untuk mengasah terus pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan, agar menjadi prajurit yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas sehingga dapat menjadi pengawal berkibarnya Bendera Merah Putih dan penjaga kedaulatan NKRI.

“Pegang Teguh Sumpah yang telah diucapkan, karena sumpah adalah janji suci dan jadikan sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian sebagai Prajurit TNI AD,” jelas Mayjen TNI Muh Saleh Mustafa.

Diakhir sambutan Pandam XVII/Cenderawasih, mengucapkan terima kasih kepada Danrindam XVII/Cenderawasih beserta seluruh staf dan tenaga pendidik serta pelatih, atas dedikasi selama penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E. Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos., Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, Para Pamen Ahli, Para Asisten, Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Ketua dan Pengurus Persit KCK PD XVII/Cenderawasih, serta para orang tua dan keluarga prajurit yang baru dilantik.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Atasi Kesulitan Warga, Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Bantu Perbaiki Jembatan

Supiori ~ Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Serka Yan Pasiga bergotong-royong besama dengan warga masyarakat memperbaiki …