Ringankan Beban Warga, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Bantu Memangkur Sagu

Merauke~Kemanunggalan Prajurit TNI dan warga sangat terasa dengan berbaurnya anggota personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY dengan warga dalam kegiatan memangkur sagu yang dipimpin oleh Danpos Bupul XII Sertu Nanang beserta anggota pos di Kampung Baidup, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Minggu (18/12/2022).

Danpos Bupul XII Sertu Nanang mengungkapkan bahwa sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Kampung Baidup selain ubi-ubinan dan juga beras.

“Jadi sampai dengan saat ini mereka masih memanfaatkan sagu sebagai bahan makanan pokok mereka sehari-hari. Untuk mendapatkan sari pati sagu, kami harus menebang pohon sagu dan kemudian batang pohonnya kemudian dikuliti, batang pohon sagu yang telah dikuliti kemudian dipangkur menggunakan batang kayu hingga berbentuk serbuk kasar kemudian disaring dengan menggunakan Goti,” kata Danpos Bupul XII Sertu Nanang

“Goti merupakan saringan yang terbuat dari anyaman dari sela-sela pohon sagu, sagu yang disaring itu kemudian dicampur dengan air dan diperas hingga keluar sari pati sagu yang kemudian diendapkan di dalam tumang atau wadah yang terbuat dari daun pohon sagu kemudian dicuci ataupun dibersihkan dengan air sambil disaring untuk mendapatkan sari pati sagu.”

“Sedangkan dalam proses memangkur sagu dilakukan secara bersama-sama dengan masyarakat agar pekerjaan mendapatkan sari pati sagu lebih cepat dan dalam satu pohon biasanya bisa dikonsumsi satu sampai dua minggu kedepannya,” tambah Danpos.

Sementara itu Bapak Linus Kabaljai (44) warga masyarakat Kampung Baidud Bupul XII Distrik Ulilin mengucapkan erima kasih kepada Danpos Bupul 12 beserta anggotanya.

“Kami sangat senang sekali karena baru kali ini ada anggota TNI yang mau membantu masyarakat di kebun untuk pangkur sagu sehingga kami merasa sangat terbantu dan pekerjaan pangkur sagu ini menjadi sangat ringan dan cepat selesai,” tutur Bapak Linus Kabaljai.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Tingkatkan Semangat Gotong-Royong, Babinsa Bantu Penggalian Pondasi WC Milik Warga

Biak ~ Wujud kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara Warsa Serda …