Wujudkan Swasembada Pangan, Kodim Yawa Buka Lahan Pertanian Cabai

Yapen – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang ada diwilayah teritorialnya, Kodim 1709/Yawa bekerjasama dengan Dinas Pertanian Yapen melakukan pembukaan lahan dan penanaman cabai dilahan pertanian milik masyarakat Kampung Turu Distrik Yapen Selatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Jumat (7/10/2022).

Hadir dalam kegiatan Penanaman Cabai yang berjumlah 10.000 pohon diatas lahan seluas 1 Hektar ini, Bupati Kab. Kep Yapen Tonny Tesar, S.Sos, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.I.P., M.I.P, Kajari Serui Hendry Marulitua S.H., M.H, Ketua DPRD Yapen Yohanes G. Raubaba, S.Sos, Sekretaris Daerah Yapen Erny R. Tania, S.I.P, Kepala Dinas Pertanian Agus Bonai, Pasiter Kodim 1709/Yawa Kapten inf Pawawoi Tahir, S.E, Wadanramil 1709-01/Yapsel Kapten Inf Masngudi, Danunit Intel Kodim 1709/Yawa Letda Inf Totok Sugiarto, Ny. Livanny Catur Ketua Persit KCK Cab. XXII, Kepala Kampung Turu Kostan Barangkea dan Ketua Kelompok Tani Hendrik Koyari.

Dalam sambutannya Bupati Yapen mengatakan, kegiatan ketahanan pangan yang dilakukan merupakan motivasi dan dukungan dari TNI khususnya Komandan Kodim 1709/Yawa beserta seluruh jajarannya yang telah bersinergi dengan Dinas Pertanian Yapen dan juga seluruh masyarakat sekitar, agar dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong disekitar perumahan masyarakat menjadi lahan pertanian yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Saya harapkan peran serta dari seluruh aparat kampung dan juga seluruh masyarakat untuk memacu pertumbuhan ekonomi dengan memanfaatkan lahan pertanian yang sudah tersedia, karena dengan menjaga ketahanan pangan diwilayah ini, kita juga bisa membantu pemerintah dalam mengendalikan kenaikan inflasi yang saat ini sedang terjadi dinegeri kita ini,” jelas Bupati Tonny Tesar.

“Dan tak lupa pula, kami atas nama Pemerintah Daerah Kab. Kepulauan Yapen turut memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Dandim 1709/Yawa beserta seluruh anggota jajarannya yang telah mengadakan program ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat di Kampung Turu ini,” tambahnya.

Dandim 1709/Yawa dalam sambutannya juga turut mengucapkan terima kasih kepada Pemda karena membantu kesuksesan kegiatan Program Ketahanan Pangan sesuai dengan Instruksi Presiden RI melalui Bapak Panglima TNI dan Bapak Kasad.

“Kita berharap kegiatan seperti ini tak hanya sampai disini saja, namun diharapkan dapat dilanjutkan dan ditingkatkan kedepannya, karena dengan adanya kegiatan ini, kita tak perlu lagi membeli bahan pangan dari wilayah lain, namun kita bisa menyediakannya sendiri, ditanah kita sendiri,” ungkap Dandim.

“Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT TNI ke-77 yang baru saja kemarin digelar peringatannya, sesuai dengan tema HUT TNI kali ini yaitu, “TNI Adalah Kita”, sebab itulah kami TNI akan selalu mendukung program ketahanan pangan yang ada diwilayah ini, karena TNI berasal dari rakyat dan nantinya juga akan pensiun dan kembali ke rakyat, kita berharap lewat kegiatan ini dapat menjadikan Kab. Kep. Yapen ini lebih maju kedepannya, kita jangan mau kalah dengan wilayah lain yang sudah maju, namun kita percaya dengan kerjasama yang baik dan dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat, maka wilayah kita ini juga akan dapat lebih maju dari wilayah lainnya,” imbuhnya.

Hendrik Koyari selaku Ketua Kelompok Tani sekaligus pemilik lahan juga turut mengatakan terima kasih kepada Bapak Bupati, Bapak Dandim dan seluruh anggotanya yang telah mempercayakan untuk mengelola dan juga membantu dalam membuka lahan.

“Kini lahan bisa ditanami cabai, tentunya ini merupakan berkat yang luar biasa bagi kami, sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” ucap Hendrik.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Check Also

Tingkatkan Semangat Gotong-Royong, Babinsa Bantu Penggalian Pondasi WC Milik Warga

Biak ~ Wujud kepedulian terhadap sesama yang dilakukan oleh Babinsa Posramil 1708-02/Biak Utara Warsa Serda …